Sunday, October 5, 2014

Organisasi Perusahaan

ORGANISASI PERUSAHAAN

Contoh gambar perusahaan yang memiliki organisasi yang baik.


            Suatu hal yang menarik dalam dunia kerja, membahas berbagai macam tingkatanan di perusahaan dengan fungsi kerorganisasian. Namun tunggu dulu, apakah kita mengetahui tentang organisasi dalam perusahaan, fungsinya, dan macam-macamnya. Dengan ini. Kita akan memulai membahas tentang “Organisasi Perusahaan” yang tentu membahas tentang point-point diatas tadi.
Seputar Organisasi :
            Organisasi adalah kumpulan makluk yang membagi tugasnya masing-masing sesuai dengan kebutuhan untuk menyelesaikan suatu masalah bersama. Namun menurut A.Entzioni, Mekanisme organisasi modern mengandung ciri-ciri tersebut :
1.      Adanya pembagian tugas, wewenang, danpertanggungjawaban berdasarkan hasil pertimbangan yang rasional;
2.      Adanya usaha-usaha dari satu atau beberapa pusat kekuasaan yang mengarahkan agar kegiatan yang dilakukan konstisten dengan tujuan organisasi yang telah ditentukan ataupun disempurnakan; penyempurnaan disini termasuk pula reorganisasi dalam arti pembentukan kembali struktur dan tugas unsur-unsur organisasi;
3.      Adanya peraturan dasar yang memungkinkan bagi anggota organisasi yang tidak dapat memberikan jasa dengan memuaskan dapat diperhentikan atau dimutasi, setidak-tidaknya (dalam jangka waktu pendek) tidak ada seorang pun yang dapat dianggap tidak mampu atau tidak dapat digantikan oleh orang lain.
Seputar Perusahaan :
            Perusahaan adalah suatu lembaga yang melakukan kegiatan tertentu. Secara jelasnya iyalah sebuah lembaga yang melakukan kegiatan produksi dan tempat berkumpulnya semua faktor industry.
Pentingnya Organisasi dalam Perusahaan :
            Dengan mengetahui makna organisasi yang lebih mengarah kepada kerjasama dan Perusahaan yang lebih mengarah kepada lembaga. Maka makna organisasi dalam perusahaan adalah kerjasam yang dibentuk dalam sebuah lembaga. Kenapa pentingnya organisasi dalam perusahaan? Karena dengan mengetahui organisasi yang jelas maka pembagian tugas akan lebih jelas karena akan sesuai dengan kebutuhan diperusahaan tersebut.
            Fungsi organisasi secara fungsional meliputi berikut :
1.      Fungsi penjualan atau kormensial. Mengurus penghasilan pendapatan.
2.      Fungsi teknis atau produksi. Mengurus kegiatan proses produk.
3.      Fungsi finansial. Mengurus kebutuhan modal
4.      Fungsi administrasi. Mengurus data-data penting.
5.      Fungsi social. Mengurus hubungan antar manusia.
Bentuk-bentuk organisasi dalam perusahaan
1.      Organisasi Garis
Pelopor                : H.Fayol
Pengertian            : kepemimpinan yang dari satu pimpinan dan garis kekuasaan yang jelas. Atasan ke bawahan memiliki garis kekuasaan (wewenang) dan bawahan ke atasan memiliki garis pertanggungjawaban.
Kelebihan                        :
-          Struktur sederhana dan jelas
-          Hierrkai kekuasaan jelas serta lebih terpusat
-          Adanya kejelasana pertanggungjawaban
-          Puncak kepemimpian memiliki pengalaman dan pengetahuan yang menyeluruh kepada orang dibawah kepemimpinannya.
Kekurangan         :
-          Tidak efisian
-          Keputusan lambat karena musti melibatkan sampai ketua pusat
-          Banyaknya beban kerja karena perintah berpusat kepada ketua pusat
-          Tidak adanya hubungan horizontal
2.      Organisasi Fungsional
Pelopor                : F.W.Taylor
Pengertian          : adanya pemisahan pimpinan bagian perencanaan dan pelaksana, dengan penambahan hubungan langsung, dan adanya pembagian tugas pimpinan.
Kelebihan                        : adanya pembagian tugas secara specialis.
Kekurangan         : tidak adanya kesatuan perintah, ketidakjelasan dalam pembagian tugas, dan terlalu menekan inisiatif.
3.      Organisasi Garis dan Staff
Pelopor                : H.Emerson
Pengertian         : suatu organisasi garis yang dilengkapi oleh staff ahli (yang memiliki hak memberi nasehat dan tidak wewenang memberikan perintah)
Kelebihan          : kesatuan perintah dapat dipertahankan dan para fungsianaris garis dapat mencurahkan perhatian.
Kelemahan           : staff ahli bertindak diluar wewenang, nasihat-nasihat yang diberikan bersifat teoritis yang pengaplikasiannya sulit.
4.      Sistem Komite
Pengertian            : membuat badan komisi untuk membahas permasalahan organisasi, kemudian menyusun kebijakan untuk menghadapi situasi tertentu.
Kelebihan                        : memperluas wawasan analisis, meningkatkan koordinasi, dan memberiakn peluang penanggaan masalah yang lebih terintegrasi.
Kelemahan           : biaya mahal dan terlalu kompromi
5.      Organisasi Matrik
Pengertian            : sistem organisasi yang dibangun berdasarkan struktur komisi secara terys-menerus.
Kelebihan       : fleksibel, penempatan tenaga fungsional lebih terkoordinasi, proses pengambilan keputusan lebih tepat, pengawasan lebih terkendali
Kekurangan         : tidak adanya kesatuan  perintah.

           Referensi
- Buku "Organisasi Perusahaan Modern" Prof. Dr. Faisal Afiff. Spec.Lic , Prof. Dr. R Paemeleire
- Buku "Perencanaan dan Organisasi Perusahaan" Prof. Dr. Sukanto Reksohadiprodjo, M.com
- Buku "Pengelola Organisasi" Soennyoto Rais


No comments:

Post a Comment