ORGANISASI PERUSAHAAN
Contoh gambar perusahaan yang memiliki organisasi yang baik. |
Suatu hal yang menarik dalam dunia kerja, membahas berbagai macam tingkatanan di perusahaan dengan fungsi kerorganisasian. Namun tunggu dulu, apakah kita mengetahui tentang organisasi dalam perusahaan, fungsinya, dan macam-macamnya. Dengan ini. Kita akan memulai membahas tentang “Organisasi Perusahaan” yang tentu membahas tentang point-point diatas tadi.
Seputar
Organisasi :
Organisasi adalah kumpulan makluk
yang membagi tugasnya masing-masing sesuai dengan kebutuhan untuk menyelesaikan
suatu masalah bersama. Namun menurut A.Entzioni, Mekanisme organisasi modern
mengandung ciri-ciri tersebut :
1.
Adanya pembagian tugas, wewenang,
danpertanggungjawaban berdasarkan hasil pertimbangan yang rasional;
2.
Adanya usaha-usaha dari satu atau beberapa
pusat kekuasaan yang mengarahkan agar kegiatan yang dilakukan konstisten dengan
tujuan organisasi yang telah ditentukan ataupun disempurnakan; penyempurnaan
disini termasuk pula reorganisasi dalam arti pembentukan kembali struktur dan
tugas unsur-unsur organisasi;
3.
Adanya peraturan dasar yang memungkinkan
bagi anggota organisasi yang tidak dapat memberikan jasa dengan memuaskan dapat
diperhentikan atau dimutasi, setidak-tidaknya (dalam jangka waktu pendek) tidak
ada seorang pun yang dapat dianggap tidak mampu atau tidak dapat digantikan
oleh orang lain.
Seputar
Perusahaan :
Perusahaan adalah suatu lembaga yang
melakukan kegiatan tertentu. Secara jelasnya iyalah sebuah lembaga yang
melakukan kegiatan produksi dan tempat berkumpulnya semua faktor industry.
Pentingnya
Organisasi dalam Perusahaan :
Dengan mengetahui makna organisasi
yang lebih mengarah kepada kerjasama dan Perusahaan yang lebih mengarah kepada
lembaga. Maka makna organisasi dalam perusahaan adalah kerjasam yang dibentuk
dalam sebuah lembaga. Kenapa pentingnya organisasi dalam perusahaan? Karena
dengan mengetahui organisasi yang jelas maka pembagian tugas akan lebih jelas
karena akan sesuai dengan kebutuhan diperusahaan tersebut.
Fungsi organisasi secara fungsional
meliputi berikut :
1. Fungsi
penjualan atau kormensial. Mengurus penghasilan pendapatan.
2. Fungsi
teknis atau produksi. Mengurus kegiatan proses produk.
3. Fungsi
finansial. Mengurus kebutuhan modal
4. Fungsi
administrasi. Mengurus data-data penting.
5. Fungsi
social. Mengurus hubungan antar manusia.
Bentuk-bentuk
organisasi dalam perusahaan
1. Organisasi
Garis
Pelopor : H.Fayol
Pengertian : kepemimpinan yang dari satu
pimpinan dan garis kekuasaan yang jelas. Atasan ke bawahan memiliki garis
kekuasaan (wewenang) dan bawahan ke atasan memiliki garis pertanggungjawaban.
Kelebihan :
-
Struktur sederhana dan jelas
-
Hierrkai kekuasaan jelas serta lebih
terpusat
-
Adanya kejelasana pertanggungjawaban
-
Puncak kepemimpian memiliki pengalaman
dan pengetahuan yang menyeluruh kepada orang dibawah kepemimpinannya.
Kekurangan :
-
Tidak efisian
-
Keputusan lambat karena musti melibatkan
sampai ketua pusat
-
Banyaknya beban kerja karena perintah berpusat
kepada ketua pusat
-
Tidak adanya hubungan horizontal
2. Organisasi
Fungsional
Pelopor :
F.W.Taylor
Pengertian : adanya pemisahan pimpinan bagian
perencanaan dan pelaksana, dengan penambahan hubungan langsung, dan adanya
pembagian tugas pimpinan.
Kelebihan :
adanya pembagian tugas secara specialis.
Kekurangan : tidak adanya kesatuan perintah,
ketidakjelasan dalam pembagian tugas, dan terlalu menekan inisiatif.
3. Organisasi
Garis dan Staff
Pelopor : H.Emerson
Pengertian : suatu organisasi garis yang dilengkapi
oleh staff ahli (yang memiliki hak memberi nasehat dan tidak wewenang
memberikan perintah)
Kelebihan :
kesatuan perintah dapat dipertahankan dan para fungsianaris garis dapat
mencurahkan perhatian.
Kelemahan : staff ahli bertindak diluar
wewenang, nasihat-nasihat yang diberikan bersifat teoritis yang
pengaplikasiannya sulit.
4. Sistem
Komite
Pengertian : membuat badan komisi untuk
membahas permasalahan organisasi, kemudian menyusun kebijakan untuk menghadapi
situasi tertentu.
Kelebihan :
memperluas wawasan analisis, meningkatkan koordinasi, dan memberiakn peluang
penanggaan masalah yang lebih terintegrasi.
Kelemahan : biaya mahal dan terlalu kompromi
5. Organisasi
Matrik
Pengertian : sistem organisasi yang dibangun
berdasarkan struktur komisi secara terys-menerus.
Kelebihan :
fleksibel, penempatan tenaga fungsional lebih terkoordinasi, proses pengambilan
keputusan lebih tepat, pengawasan lebih terkendali
Kekurangan : tidak adanya kesatuan
perintah.
Referensi
- Buku "Organisasi Perusahaan Modern" Prof. Dr. Faisal Afiff. Spec.Lic , Prof. Dr. R Paemeleire
- Buku "Perencanaan dan Organisasi Perusahaan" Prof. Dr. Sukanto Reksohadiprodjo, M.com
- Buku "Pengelola Organisasi" Soennyoto Rais
- Buku "Organisasi Perusahaan Modern" Prof. Dr. Faisal Afiff. Spec.Lic , Prof. Dr. R Paemeleire
- Buku "Perencanaan dan Organisasi Perusahaan" Prof. Dr. Sukanto Reksohadiprodjo, M.com
- Buku "Pengelola Organisasi" Soennyoto Rais
No comments:
Post a Comment