Tuesday, October 18, 2016

Tugas 1 - About Telematics

Seputar Telematika

“Eh katanya kita mau mau kumpul”
“Tunggu, gw share googlemaps di WA”

Percakapan biasanya kita alami di social media kini. Tanpa sadar telah menerapkan teknologi Telematika dalam kehidupan sehari-hari.

Awalnya telematika sebuah pertukaran informasi kini menjadi spesifik pembahasan ranah geografik. Menggali dari sebuah nama, Telematika sendiri berawal dari Bahasa Perancis berupa “Telemetique” yang berarti bertemunya system jaringan komunikasi dengna teknologi informasi. Istilah telematics juga berupa dari singkatan Telemecommunication dan informatics sebagai bentuk dari perpanduan konsep computing dan communication. Isitialah telematika juga dikenal sebagai “The new hybrid techonology” karena lahir dari perkebangan tekonlogi digital. Dalam sumber Wikipedia, telematics sering disebut dengan ICT.

Lahirnya istilah telematique pertama lahir pada tahun 1978 oleh Simon Noran dan Alian Minc dalam bukunya L’informatisation de la Societe. Kemudian Temelatika tersendiri dari panduan dua kata, berikut kata tersebut :

·         Telekomikasi             : Teknink pengiriman pesan dari suatu tempat ke tempat lain yang berlangsung secara dua arah serta mencakup semua bentuk komunikasi jarak jauh.

·         Informatika                : Struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa system yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses, dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkan dalam bentuk informasi.

Jadi telematik itu sendiri dapat diartikan sebagai sistem jaringan komunikasi jarak jauh dengan teknologi informasi yang lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengna penggunakan computer dalam sistem telekomunikasi. Salah satu contoh telematika yaitu internet. Namun kini istilah telematika lebih sering bersinggung ranah geograpik, yaitu ranah transportasi kendaraan. Khususnya penggunaan GPS.

Perkembangan Telematika di Indonesia

1.    Pra-Sejarah                           : Mengandalkan kode asap, bendera, peluit, dan burung surat.
2.    Periode Rintisan                  : Terlahirlah istilah Telematics di tahun 1980-an, bermunculan radio dan televisi.
3.    Periode Pengenalan           : Masuk tahun 90-an, jangkauan radio semakin meluas sampai keluar negeri.
4.    Periode Aplikasi                   : Masuk era millennium, berkembangannya HP kini. Khususnya Internet.

Future Telematics

Informasi semakin cepat diakses, bahkan batas ketidaktahuan semakin mustahil. Masyarakat harus dimulai kesadaran teknologi yang telah ada. Mengenai trend kedpena telematik, merupakan kebebasan individu untuk mengembangan dan menajdi sebagi suatu trend (walaupun sesaat) di dalam masyarakat. Pastinya dalam proses perkembangna harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan tidak melanggar norma, hukum, dan agama yang berlaku di masyarakat.
Transper data semakin besar bahkan sampai sekala Terabyte sudah biasa. Hardisk semakin terbatas dan layanan cloud semakin murah.
Ada lima kelompok industry yang berperan besar dalam perkembangan trend telematika ke depan, diantaranya:
1.    Infrastruktur Telekomunikasi (biasanya resiko bisnis paling besar)
2.    Infrastruktur Internet (biasanya resiko bisnis sedang & rendah)
3.    Hosting service (biasanya resiko bisnis rendah)
4.    Transaction type service (biasanya resiko bisnis rendah)

5.    Content / knowledge producer (biasanya resiko bisnis rendah

No comments:

Post a Comment