Saturday, October 10, 2015

The Modder


Tak ada yang sempurna di dunia ini
Namun kami hanya meng-optimalkan
- The Modder -

Dunia ini sudah serba praktis, setiap produk sudah dibuat atas prosedur perusahaan. Setiap Desain, kualitas, build, dan unsur lainnya sudah dalam settingan umum. Akhirnya diri ini mulai menikmati produk-produk tersebut, perlahan mulai mempelajari bagian-bagian produk tersebut. Dan diri ini mulai merasa kurang, karena sadar settingan perusahaan hanya membatasi kemampuan komponen yang ada, keterbatasan fungsi, dan selera terbatas. Diri ini tak puas, jika mendapat barang hanya settingan sebatas dari perusahaan. Kemampuan untuk membuat barang dari nol bukanlah daya kita, namun alternatif modding iyalah solusinya.

Modding bukanlah membuat dari suatu barang, modding hanya menambahkan, menggantikan, dan mengubah bagian-bagian dari komponen barang tersebut. Ketidakpuasan atas settingan perusahaan membuat diri mengubah bagian tersebut. Kenikmatan modding akan kerasa kita mendampatkan komposisi pas. Modding mungkin tak akan memberikan kesempurnaan, namun mendekatkan pada puncak optimalitas.

Persiapan modding berawal dari pengetahuian komponen yang dibutuhkan, pencarian komponen tambahan, namun modding juga bisa hanya mengubah bagian di komponen tersebut. Diantara pengoptimalkannya, modding juga bisa menambah atau menggantikan fitur kepada barang tersebut. Dengan bertambah atau bergantinya fitur tersebut, barang punya nilai fungsi lebih. Diantara kami mengejar kesempurnaan, kami membuka gerbang fungsional lainnya.

Namun…

Modder tak selalu berjalan dengan sempurna, karena diantara keberhasilan mereka, banyak pengorbanan kerusakan dibelakangnya. Karena kegagalan dalam proses modding berupa dana dan tenaga sudah banyak dikeluarakan. Perjuangan dari kegagalan membuat banyak pelajaran, bahwa modder bukanlah asal coba-coba, tapi punya landasan yang berasal dari rasa kekurangan, Kekurangan alasan kenapa manusia terus bertahan dan berkembang.

No comments:

Post a Comment