Friday, October 23, 2015

IQRO




Iqro, bacalah

Begitulah yang kukenal kurang lebih dari sang Murabbi, walaupun dulu ku bertentangga dengan beliau, diriku tak pernah mengenalnya benar-benar sosoknya. Karena beliau mengejar kesibukkan dakwahnya, entah apakah dia tak pernah lelah atau lelah tersebut lelah mengejarnya? Namun yang kukenal dari beliau hanyalah dari dia menamakan yayasan pendidikan ku dulu.

Iqro, bacalah

Begitulah malaikat Jibril meminta Muhammad SAW untuk membaca, membaca wahyu Allah SWT, namun sampai akhir hayatnya Muhammad SAW tak pernah bisa membaca. Apakah permintaan malaikat Jibril gagal, padahal Nabi Muhammad SAW sosok yang mulia? Bukan.. pesan ini untuk umatnya. Agar umatnya senantiasa...

Iqro, bacalah

Begitulah kenapa sang Murabbi mengambil nama tersebut, bagian ayat tersebut berupa ayat pertama diturunkan kepada Rasul SAW. Ayat pertama dengan perintah untuk membaca, sebagaimana kita ingin mengetahui sesuatu dunia ini terutama tentang islam. Tentu semua harus dimulai dengan membacanya, maka dengan itu mulailah kita sibukkan diri dengan membaca membaca.

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَق
Bacalah, dengan nama Tuhanmu, Yang menciptakan”
Al-alaq ayat pertama

No comments:

Post a Comment