Wednesday, November 25, 2015

IMK pada A.I. Artificial Intelligence

"Tanyakan padaku apapun itu"
Film A.I. Artificial Intellingence yang liris 2001 menjadi tontonan layak diperhatikan, diantara menyajikan cerita menarik tentang A.I ingin disayang manusia. Film ini mengenalkan model IMK modern, dengan fungsi seperti google. Fungsi disini tidak hanya dalam pencarian data yang akurat, namun penyajian interface lebih baik. Berikut ini, saya belum memperkelankan Dr.Know, kerjanya seperti Vending Machine, transaksi hanya antara pembeli user dan penjual mesin tanpa melibatkan manusia sebagai penjual. 
Tampilan ruangan pada Dr.Know
Ruangan didesain seperti diatas bukan tanpa sebab, karena dengan menyajian ruang gelap membuat user terfokus pada layar (bahkan bentuk hologram) seperti seseorang menonton bioskop.
Meniru gaya interaksi manusia.
Hal menarik juga disini, komputer dibuat seakan berinteraksi langsung kepada user seperti user berinteraksi kepada user lainnya dengan hologram kakek-kakek mirip Einstein. Hologram tersebut sedang menjelaskan pada user cara penggunaan vending machine. Diantara pembahasannya, user diminta dengan perintah suara untuk bertanya.
Gestur tubuh bentuk hologram tiruan manusia berkomunikasi.
Bahkan dalam penjelasan cara pembayaran, hologram menjelaskan layaknya manusia. Dengan gestur tubuh, menjelaskan jumlah dengan jari diangkat. User menjadi lebih jelas dengan cara vending machine menjelaskannya.
cara pembayaran dengan uang kertas
cara pembayaran dengan uang koin
Layaknya vending machine, pasti ada kotak masuk untuk pembayaran. Pembayaran disini bisa menggunakan kartu kredit atau tunai. Namun dicerita hanya memperlihatkan cara pembayaran dengan tunai, namun pembayaran dengan tunai tetap dimanajemen dengan baik. Lihat saja pembayaran, input uang kertas berbeda dengan uang koin, bahkan uang koin punya dimensi lobang berbeda-beda bertanda perbedaan nominal uang koin dimasukkan berdasarkan diameternya.
Menu pilihan jenis pertanyaan
Sebelum kepertanyaan, hologram menjelaskan kategori pertanyaan yang ada. Diantara suara dibacakan oleh vending machine, namun juga dengan tulisan hologram yang mengintari user. Namun vending machine punya kelemahan, setiap kata user terdengar keras padanya. Maka otomatis akan dijawab, maka user harus berhati-hati sebelum bertanya. Jenis pertanyaan bisa dikombinasikan antara dua kategori bahkan lebih untuk menghasilkan jenis jawaban yang user inginkan.



Diatas bagaimana vending machine menampilkan jawaban setiap user tanyakan. Penyajian dalam bentuk hologram membuat interaksi user pada komputer begitu menarik. Hal tersebut mempermudah user mengenal jawaban lebih rinci karena bentuk lebih real berkat hologram.

Diluar pembahasan IMK, difilm ini meramalkan bahwa informasi mahal (dan kini menjadi kenyataan). Hal tersebut peran kita sebagai Sarjana Sistem Informasi untuk menyajikan informasi yang akurat. Maka dengan itu diharap dengan pembahasan IMK pada film A.I Artificial Intellingence menyadarkan kita peran utama IMK pada teknologi. Sekian dari penulis, walaupun masih banyak poin kurang detail, namun diharapkan penulisan ini menjadi pembelajaran untuk penulis, mahasiswa, dosen, blogger, dan penimpa ilmu lainnya.

No comments:

Post a Comment