Thursday, November 21, 2013

Pemuda dalam Abdi Sosial



            Pemuda, sejarah tidak akan melupakan peran pemuda dalam membangun sejarah dunia ini. Nabi Ismail As sebagai sosok pemuda yang berani disembelih Bapaknya sendiri (nabi Ibrahim As) yang akhirnya yang tersembelih bukannya dia tetapi domba yang membuat hari itu terus dikenang yang dinamakan hari Idul Adha sebagai tanda syukur kepada Allah SWT. Bahkan penakluk benteng terkuat di dunia di eranya ditahlukan oleh seorang pemuda iyalah Muhammad Al Fatih (usia 21 tahun). Di Indonesia, peran pemuda begitu kuat yaitu Sumpah Pemuda dan jatuhnya Orde Baru. Pemuda menjadi begitu penting dalam perkembangan dunia ini diantara juga dalam peran sosial, peran sosial sebagai abdinya kepada masyarakat.
            Kini pemuda yang begitu banyak tapi sayangnya mereka tidak peduli lingkungannya. Dari tingkahnya, mereka cenderung lebih mau bergaul dengan teman sebayanya daripada bersosial dengan masyarakat. Secara ahlakh pemuda kini cenderung buruk, mereka kini pemalas, lebih suka nongkrong, dan pesta pora. Kelakuan buruk mereka disebabkan kurangnya mereka dalam bersosial dengan masyarakat. Pemuda harus mengapdi pada masyarakat karena suatu saat mereka akan menjadi orang dewasa, tapi dunia semangkin modern dan individualnya semangkin kuat. Dunia ini terlalu banyak dunia hiburan membuat mereka lalai. Bahkan kini pemuda banyak yang tauran dengan alasan sepele yang merusak perumahan warga.
            Agar potensi pemuda tidak tersia-siakan, maka didirikan beraneka macam organisasi dari BEM, Mencinta Alam, Rohis, Photography, dan penunjang lainnya. Organisasi punya peran penting dalam abdinya pada masyarakat. Contoh rohis, selain memberi tausiah tetapi juga menjaga lingkungan, memakmurkan masjid, dan memberi bantuan kewarganya. Pencinta alam mengajak untuk untuk mencintai lingkungan dan menanam pohon di sekitarnya. Pemuda juga bisa menjadi panitia dalam sebuah ajang hari rakyat dengan mengadakan lomba, baksos, pelatihan, dan lainnya. Selain dalam bentuk organisasi, respek pemuda harus muncul ketika ada orang sekitarnya ketika ada seseorang tertabrak kendaraan, kecopet, dan bahkan pelecehan pada wanita.  Pumda juga harus menjaga lingkungan sebagai bentuk abdi kepada masyarakat.

No comments:

Post a Comment