Friday, November 29, 2013

Peran Agama dalam Kehidupan Manusia

    Apa saja peran agama menurut pandangan manusia pada umumnya? jawabannya pasti sama "untuk memenuhi kebutuhan rohani" . Apakah itu semua sudah selesai? tidak, agama bukan hanya ibadah khususnya agama islam. Namun sebagai sarana kebutuhan manusia dari bangun tidur sampai tidur lagi, dari ujung kuku kaki sampai ujung rambut. menyangkup jasad, akal, dan roh. juga aspek sosial, budaya, ekonomi, dan politik.

    Bagaimana agama mencangkup aspek kehidupan manusia? dari faktor kesehatan melarang memakan babi karena ada cacing pita yang tidak bisa hancur walaupun dimasak dengan cara dibakar, faktor ekonomi melarang bunga untuk mencegah pemerasan kepada pihak penghutang, mengajak silaturahim yang membuat harta mengalir, kewajiban berjilbab karena bisa melindungi dari kanker leher yang menyerang pada wanita, dan sangat banyak manfaat dari larangan dan keharusan pada ajaran agama. Asalkan kita mau mempelajari dan mengkaji ilmunya.

   Kenapa agama begitu mempengaruhi aspek kehidupan manusia? karena agama sendiri dibuat oleh tuhan yang mengetahui rahasia alam, juga keterbatasan manusia dalam mengatur hidup ini. Maka hanya runjukan hidup iyalah agama berasal dari tuhan kalau hanya mengandalkan logika, khayalan, analisa,dan pola pikir manusia maka begitu sempit dan pasti banyak perubahan. Seperti undang-undang sering berubah karena keberlakuan, tata bahasa, pemegang kekuasaan, dan faktor lainnya. Maka jangan hanya agama sebagai obor saja tetapi menjadi agama menjadi cahaya matahari terbit yang menerangi dunia ini.

No comments:

Post a Comment