Thursday, November 21, 2013

Kekayaan Teknologi dan Kemiskinan Moral

          Kalo sekarang kini kita membahas teknologi, maka begitu banyak teknologi di era kini. dari internet, sinar-x, rudal jarak jauh, kapal kargo, tanam sistem aeroponik, pesawat ulang aling, dan banyak sekali macam-macam perkembangan teknologi. Maka tidak ada habisnya manusia untuk mencari ilmu pengetahuan didunia ini. Mungkin yang paling fenomenal dari berbagai macam perkembangan teknologi iyalah smarthphone. smartphone perpadukan antara interaksi sosial dengan kecanggihan teknologi. kecanggihan teknologi tidak hanya terpusat kepada penambahan spec saja. tetapi kini berkomunikasi tidak hanya pesan dan suara tetapi juga dengan "new style social" dengan emotion, tatap muka, rate like, dan style lainnya.
          Namun dibalik dengan kecanggihan teknologi smartphone dan semua perangkat teknologi sosial. membuat kecendrungan  terutama untuk interaksi sosial langsung (bertemu dalam satu tempat). bahkan terjadi kemiskinan moral terjadi karena kelalaian penggunaan smartphone, berupa dengan lebih mengutamanakan temen chat daripada orang sekitar. selanjutnya dengan munculnya kejahatan cyber dengan memanfaatkan id palsu untuk melakukan kejahatan. karena juga keamanan semangkin lemah karena terlalu bebasnya penggunaan internet. berikut video yang menyinggung perkembangan teknologi smartphone.

 

            sebenarnya teknologi tidak salah dalam penurunan moral manusia, tetapi karena manusia itu sendiri yang berlebihan dalam menggunaan teknologi, kebutuhan manusia tidak hanya faktor sosial dan material saja. tetapi karena kurang dekatnya dirinya kepada tuhannya. jika kebutuhan religiusnya terpenuhuni, maka bisa mengurangi berlebihan penggunaan smartphone karena waktunya terbagi untuk beribadah dan penyalahgunaan smartphone karena pengetahuan agamanya mana yang diperbolehkan.

No comments:

Post a Comment