Friday, June 17, 2016

Tugas ke 4 BI

Berikut contoh penulisan paragraf dengan aspek penalaran.

1. Generalisasi
Berapa jumlah developer yang mampu memperoleh keuntungan lebih dari 1 juta dollar (sekitar 13 miliar rupiah) per tahun? Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh kedua lembaga di atas, terdapat 1887 developer yang mampu memperoleh keuntungan lebih dari 1 juta dollar. Dari 1887 developer tersebut, 1260 diantaranya merupakan developer iOS dan 759 sisanya merupakan developer Android. Terdapat 132 developer yang mengembangkan aplikasi di iOS dan juga Android secara bersamaan.
https://www.codepolitan.com/seberapa-banyak-sih-developer-mobile-yang-jadi-miliarder/

2. Analogi
Ditinjau dari sisi pendidikan dan kurikulum, Pak Romi Satria Wahono telah memaparkan dengan sangat jelas pada artikel “Wajibnya Skill Coding Bagi Mahasiswa Computing“, betapa pentingnya skill coding bagi mahasiswa IT. Ada satu pernyataan yang menarik buat saya pada artikel Pak Romi tersebut, yaitu “mahasiswa computing tanpa skill coding itu bagaikan garam tanpa asinnya”. Sedikit menggelitik, namun sangat mengena maknanya. Betapa coding dan mahasiswa IT itu adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan. Bukan hanya sebagai tambahan atau opsi yang kalaupun tanpanya garam masih tetap garam. Asin bagi garam adalah inti, artinya jika tanpa asin, apalah arti garam? Itu berarti, jika tanpa skill coding, apalah arti lulusan IT.
https://www.codepolitan.com/mahasiswa-it-harus-bisa-coding/

3.Sebab-Akibat (kausalitas)
Setelah penentuan juara yang cukup sulit dan perbedaan nilai yang tipis dari juri akhirnya para juri menentukan bahwa tim DuaTujuh yang dipimpin oleh Winson Waisakurina dengan mengangkat topik “Five-Footer: Kategorisasi Produk E-commerce menggunakan Support Vector Machine” mendapatkan juara 1 dari kompetisi CodeFest KUDO ini dengan mendapatkan hadiah 3 Macbook Pro Retina Display 13 inci. Tim Dua Tujuh ini mampu menampilkan statistik yang baik dalam codingnya dan menghasilkan eror yang sangat kecil sehingga hasil yang didapatkan sangat efektif.

Juara 2 jatuh pada tim yang bernama DWB dengan topik “Movie Recommendation – Makin nonton makin happy” diketuai oleh Jan Wira Gotama Putra serta mendapatkan hadiah 3 Parrot AR Drone 2.0. Tak lupa juara ketiga diberikan kepada tim Kanmana dengan tema “Restaurant Recommendation Engine” yang dipimpin oleh Arie Pratama Sutiono dengan membawa pulang hadiah Google Glass.

Dewan juri juga memberikan juara favorit yang ternyata jatuh pada tim dengan nama yang unik yaitu tim LOBAK (Lomba Bersama Kudo) dengan topik “Automated Product Clustering using LDA and K-means” yang diketuai oleh Stephen dan berhak mendapatkan hadiah Sphere BB 8. CodeFest KUDO ditutup langsung oleh CEO KUDO Albert Lucius sekaligus menyatakan bahwa KUDO tidak akan berhenti disini akan banyak kegiatan menarik tentang teknologi yang akan diadakan kedepannya dan bahkan KUDO berencana akan menyiapkan ruangan khusus dengan fasilitas yang bagus untuk digunakan dalam acara-acara seperti ini.
https://www.codepolitan.com/para-pemenang-hackathon-big-data-dan-machine-learning-codefest-kudo/

No comments:

Post a Comment