Friday, June 17, 2016

Larry Wall, Guru Pemrograman Perl

Larry Wall, Guru Pemrograman Perl 



Perl sendiri mempunyai kepanjangan Practical Extraction and Report Language. Perl ini merupakan bahasa yang handal untuk text processing dan manajemen sistem. Sehingga biasanya sudah built-in di Linux ataupun Unix. Perl sendiri memiliki fitur – fitur handal dari C, sed, awk, sh, csh, dan Basic-plus. Tapi tahukah siapa penciptanya ?

Larry Wall, Sang Guru dari Perl, merupakan pencipta bahasa pemrograman Perl. Beliau pernah mengambil pendidikan di Seattle Pacific University di jurusan Natural and Artificial Language, dan melanjutkan magister di University of Berkeley.

Sebelum membuat Perl, beliau melakukan penelitian bahasa untuk mengembangkan tulisan bagi bahasa yang belum mempunyai sistem tulisan di Afrika. Kemudian beliau bekerja di NASA Jet Propulsion Laboratory.

Beliau lahir pada tanggal 27 September 1954. Beliau tumbuh besar di South Los Angeles, kemudian pindah ke Bremerton, Washington. Beliau memiliki seorang istri yang bernama Gloria Wall.

Beliau meraih penghargaan Award for the Advancement of Free Software dari Free Software Foundation pada tahun 1998, memenangkan International Obfuscated C Code Contest sebanyak dua kali, dan menjadi Benevolent Dictator for Life untuk proyek pengembangan Perl.

Beliau menulis beberapa buku tentang Perl seperti Programming Perl dan Perl Cookbook yang diterbitkan oleh O’Reilly Media. Selain itu beliau aktif mengisi acara di Yet Another Perl Conference.

Menurut beliau, Perl diciptakan disaat beliau sedikit tidak puas ketika menggunakan awk untuk menyelesaikan masalah komputasinya. Belum lagi beliau terinspirasi oleh Ayahnya yang seorang pastur agar tidak mudah menyerah dan tetap percaya diri dalam membuat sesuatu.

Anak tak selalu sama jejaknya dengan orang tuanya, namun nilai dari orangtuanya tak akan pernah tergantikan.

sumber :
– http://en.wikipedia.org/wiki/Larry_Wall

– http://www.linuxjournal.com/article/3394
- https://www.codepolitan.com/larry-wall-sang-guru-bahasa-perl/

No comments:

Post a Comment