Friday, June 17, 2016

Pencipta Bahasa Pemrogram Ruby


Ada yang udah pernah nyoba ruby? pasti kenal dengan “Matz” kan hehehe. Yap, Matz atau Yukihiro Matsumoto adalah perancang bahasa pemrograman Ruby, dan Matz Ruby Interpreter. Beliau lahir pada 14 April 1965, di Osaka Prefecture, Jepang. Matz di masa muda sering belajar bahasa pemrograman secara otodidak semenjak Sekolah Menengah Atas. Kemudian lulus dari perguruan tinggi di bidang Information Science di Universitas Tsukuba. Saat itu beliau tergabung dalam laboratorium kompiler dan bahasa pemrograman yang bernama Ikuo Nakata Research Lab.

Ruby sendiri dirilis pada 21 Desember 1995, dan masih bergabung dalam pengembangan bahasa pemrograman tersebut. Pada April 2012 beliau meng-opensource-kan karya barunya yaitu implementasi Ruby yang baru disebut dengan ‘mruby’. Implementasi baru tersebut memiliki penggunaan memory yang lebih sedikit, bisa digunakan di program yang lain, dan dibangun diatas virtual machine bernama ‘ritevm’

Saat ini beliau bekerja sebagai Chief Architect Ruby di Heroku. Sebuah perusahaan cloud jenis Platform As A Service yang berkedudukan di San Francisco. Selain itu beliau juga bekerja di research and development Rakuten Inc.

Ini adalah salah satu kualitas Jepang dalam bahasa pemrograman.

Sumber :
https://www.facebook.com/pages/Yukihiro-Matsumoto/109410772411674,
http://commons.wikimedia.org/wiki/File:Matz_on_a_Mac_2.jpg

No comments:

Post a Comment