Tuesday, June 7, 2016

Ilusi Menjadi Realiti, bersama Virtual Reality

Virtual Reality, ketika dunia virtual seakan terlihat nyata.

Bagaiman berdasarkan definisinya virtual reality. Virtula reality adalah Teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disumilasikan (secara virtual) oleh komputer. Kemudian disajikan sedemikian rupa, sehingga pengguna percaya dan menerimanya sebagai lingkangna yang nyata.

Secara kebutuhan, banyak aspek yang terbantu dengan kehadiran VR. Terutama pada pemvisualan yang kadang terbatas dimiliki layar monitor kita. Pemvisualan disini lebih terhadap mengtotalitaskan kita masuk dalam visualnya, disebabkan mata kita difokuskan hanya melihat layar VR. Pemvisualan akan totalitas karena seluruh sisi penglihatan kita terfokus pada layar VR yang terpakai dikepala kita. Maka Semua sudut pandangan juga membuat kita hanya melihat dari Virtual Reality. Ketika seluruh sudut penglihatan mata terpaku terpada VR, maka dengan VR mengvisualkan grafik seakan seperti di dunia benaran.

Sebenarnya perkembangan VR sudah jaman dahulu kala tahun 1962 oleh Morton Heilig, bernama Senosorama. Namun mulai berkembang pesat, ketika Oculuft Rift melakukan kampanye crowdfunds di kickstarter pada tahun 2012. Crowdfunds berjalan dengan manis karena memperoleh $2,4 Juta, pada saat bersama harga VR development headset baru $300. Kemudian maret 2014, Facebook membeli Oculus seharga $ 2 Milyar. Langkah besar Facebook membuat banyak perusahaan besar tak mau kalah membuat VR masing-masing, iyalah Lenovo, Sony pada PS4, Samsung, Microsoft, Valve dengan HTC, dan google menciptakan VR versi murah, VR berbasis Android.

Kebetulan di acara GoogleHack pada tahun kemaren, saya mencoba VR yang terdiri dari Smartphone android dan Google VR. Setelah memakainya, Saya menikmati pemandangan video seperti menatap langsung pemadangan. Ketika mengarahkan kepala keatas-bawah dan kekanan-kiri, setiap sudut pemandangan akan terlihat berbagai sudut sampai 360 derajat. Bahkan sampai ditepok pundak saya sakin menikmati google VR.


Kemajuan teknologi visual tidak hanya terhadap semakin tajam dan indah sebuah gambar, namun menawarkan sudut pemandangan layaknya memandang pemandangan secara nyata. Kehadiran VR kini siap menawarkan kemudahan dalam visualisasi teknologi. 

referensi :
https://www.codepolitan.com/virtual-reality-dan-perkembangannya/
https://id.wikipedia.org/wiki/Realitas_maya

No comments:

Post a Comment