Friday, June 26, 2015

Dimensi Game

Game is Badass

Video Game,dikenal hanya sebuah permainan. Namun menurutku game lebih dari hal tersebut, game memberikan hal yang tak pernah ada di dunia nyata ini, iyalah tentu memberi ruang dimensi, dimana dimensi tersebut kita bisa melakukan hal yang tak ada di dunia nyata. Walaupun secara nyata kita hanya berinteraksi dengan teknologi, namun dalam game bukan hanya sekedar tentang teknologi, juga ada seni di dalamnya.

Dalam kehidupan ini, manusia selalu mengisi yang kurang apa dalam dirinya. Video Game mengisi kekosongan tersebut. Ada hanya bisa dilakukan dalam video game, berupa membuat kita penasaran, melakukan hal gila tak bisa didalam dunia nyata, melakukan hal dilarang norma-norma tanpa berdampak di dunia nyata, memberi dunia yang berbeda, dan tantangan. Video game memberikan wahana baru di dimensinya.

Banyak game kukenal, tapi tak semua ku mainkan. Game ku diantara Dota 2 yang begitu fenomenal, diantaranya game FEZ. FEZ tidaklah menawarkan pertarungan asik, namun menawar dimensi dunia yang menarik. Game ini dimensi 2D namun kenyataannya dunia dalam game ini berupa 3D,  Gomes (Tokoh utama FEZ) awalnya tak mengetahui dibalik dunianya ternyata dunia 3D akhirnya mengetahuinya setelah mendapatkan kekuatan untuk merotasi pandangan 2D ke sisi lain. Memang secara kata akan sulit menjelaskan dunia game tersebut, karena banyak hal yang tak cukup dijelaskan dengan kata-kata. Game haruslah dicoba, bukan hanya dilihat.

Game AA sebenarnya menarik, namun aku sendiri tak begitu menyukai sentuhan hype berlebihan dalam promo game AA. Game AA kadang kurang fresh karena tak berani mengambil konsep baru karena kehati-hatian dalam meliris gamenya, tetapi tetap game AA memberikan konsep yang rapih karena mempunyai tim yang profesional. Kecendrungan menyukai game Indie karena ada genre game yang kusuka, "rogue-like". Sebenarnya bukanlah konsep terbaru, namun hanya memberikan tantangan menarik "sekali mati, ulang!" dan edan. Jika anda melihat teman anda bermain genre rogue-like, mereka cenderung stress, karena kematian berulang-ulang , tapi tetap mereka tersenyum dengan semangat. Rogue-like memang cenderung gelap, menghanyutkan perasaan pemainnya menuju dunia gamenya tersebut.

Game sebenarnya bukanlah hal yang buruk, namun yang terpenting bagaimana kita bisa memilah game dimainkan dan batas-batas dalam bermain. Jika bermain diarahkan kepada hal yang positif, maka hasilnya akan positif.

Jika anda ingin kenal diriku dalam bermain game, bisa chat dengan ID steam dibawah ini.
namun kini aku sendiri sudah tak sering bermain game.
hanya ingin memfokuskan ke hal lain.

#Game #NulisRandom2015 #Day26


No comments:

Post a Comment