Thursday, June 25, 2015

Lintas Negara

Luar negeri, negeri lain yang tak pernah kupijaki tanahnya. Padahal di map jaraknya terlihat dekat kenyataan jaraknya tak sedekat kubanyangkan. Lintas darat tak cukup untuk mencampai negeri sebelah, jalur laut bahkan udara yang harus kutempuh juga untuk sampai ketujuan. Namun kenapa aku rindu kesana? padahal kenal hanya via buku dan maya. Kurasa mengetahui tak cukup tanpa merasakan, serasa menonton chef masak tanpa mencoba, percuma.
Kukenal katanya, cuaca tak hanya hujan dan panas tapi ada salju. Mereka punya budaya yang berbeda dari kita, negara mereka lebih maju tetapi ada yang lebih ironi dari kita. Seakan semakin banyak informasi yang kudapat, aku merasa dunia yang kukenal hanyalah sempit, kurang lengkap kalau belum menjelajah kesana. Rindu ini semakin besar karena penasaranku atas lingkungan mereka.
Diantara banyaknya negara kukenal, rinduku besar pada negeri Jerman. Negara ini Negara Maju, mereka dikenal disiplin dan pintar, bahkan teknologi audio portabel "The Altmann Tera-Player" berupa maharkaya teknologi made in Germany. Masih banyak teknologi yang menarik di Negara Jerman tersebut, namun sekali lagi aku hanya membaca tanpa merasakan.
Diantara ingin merasakan negara asing, aku ingin menyapa kerabatku. Mereka bukan sehubungan darah denganku, tetangga lamapun bukan, sependidikan juga bukan, dan sesama pekerjaan bukan. Namun sapa "Assalamualaikum" ingin kukatakan kepada mereka sesama kaum muslin, inilah ikatan kami walaupun jarak kami iyalah begitu jauh.

#LuarNegeri #NulisRandom2015 #Day24

*ditulis di facebook tgl 24-6-2015
sumber : https://goo.gl/nUl7Fu

No comments:

Post a Comment