Friday, June 19, 2015

Tanda Tanya

Tanda Tanya tentang alam ini
Pertanyaan, menjadi hal lumrah dalam komunikasi antar manusia, Pertanyaan ini menjadi gerbang kita mengenal seseorang dan sekitar karena informasi yang diberikan. Intin dari pertanyaan hanya ingin mengetahui informasi, tapi secara luas pertanyaan juga digunakan untuk menegaskan keyakinannya, ujian, keinginan pengetahuan lebih, dan bahkan bentuk espresi manusia. 

Penegasan, kadang orang yang bertanya ini sudah tahu, tetapi karena masihnya ada keraguan, kadang orang tersebut bertanya kembali, kadang pertanyaannya itu terus diulang-ulang. Namun jika pertanyaan ini terus berulang dilontarkan pada orang tersebut, bentuk ketidakpercayaan karena apa iya ketahui bukanlah hal yang tak terduga, contoh pertanyaan kejuaraan lomba, kelulusan ujian, kematian seseorang, atau hal yang tak diduga olehnya. 

Ujian, sama seperti penegasan tetapi ada maksud pertanyaan ini dilontarkan. Ingin mengetahui sebesar apa keilmuan orang diujinya. Pertanyaan yang diberikan kadang mempunya level tersendiri, sesuai keinginan penguji mengetest kemampuan si penjawab. Jawaban diberikan si penjawab kadang tak seratus persen sama dengan penguji, namun ada nilai lebih jika dijawab dengan penuh percaya diri, tanpa plin plan, dan jelas dalam penyampaiannya.

Espresi, ini unik.. tentu kadang yang si pertanya kadang tahu jawabanya, namun seakan ada maksud lebih dia bertanya, keinginan untuk diperhatikan. perhatian juga kadang menjadi bentuk simpati seperti menanyakan kondisi keadaan. Seakan ada perasaan tersirat dalam pertanyaan tersebut. Perasaan peduli.

Pertanyaan kadang bukanlah karena ketidaktahuan sipertanya, namun ada suatu lain dari sekedar ingin tahu. Kadang kita sendiri harus bisa membaca apa yang akan ditanyakan oleh mereka. Sebenarnya masih banyak dibalik pertanyaan seseorang. contohnya seperti ini :

"Nak, Sudah tidur belum?"

pertanyaan kadang juga perintah
yang menjadikannya pernyataan

selamat tidur :)

#TandaTanya #NulisRandom2015 #Day19

No comments:

Post a Comment